Tertawa dan Adabnya

--pariwara--


Tertawa
Sebagai manusia kita pernah tertawa, Menangis , Bersedih dan lain-lain . Kita sering mengekspresikan diri kita dengan raut wajah yang bisa di nilai orang . Nha di tulisan saya kali ini saya bakalan membahas tentang . Apa sich tertawa ???

Bagaimana fungsi atau manfaatnya dan lain-lain .
Orang-orang biasanya berfikir bahwa tertawa bisa menghilangkan stress dan merupakan obat yang paling baik untuk manusia. Sebenarnya banyak sekali maanfaat tertawa bagi kesehatan.

Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan
Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan:
Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan yang pertama adalah untuk menghilangkan stress, sebagai relaksasi otot, tertawa adalah salah satu obat yang paling baik. Tertawa dapat membuka pembuluh darah dan membawa lebih banyak darah ke tungkai dan otot-otot tubuh. Hormon stress akan berkurang ketika anda tertawa. Ketika kita tertawa, perasaan kita akan secara normal dan sangat mudah bercampur dengan moment yang harmonis, untuk membawa kebahagiaan, relaksasi, dan kepuasan.

Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan yang ke-dua adalah membuat sistem kekebalan pada tubuh menjadi kuat, menjaga agar tetap sehat, mencegah infeksi, kanker, dan alergi. Immunologists telah memverifikasi bahwa setiap emosi yang buruk, cemas, marah, atau depresi akan menyakiti sistem kekebalan tubuh. Tertawa sangat baik apalagibagi penderita AIDS dan kanker. Jika anda selalu tertawa anda akan merasa segar setiap harinya asalkan jangan berlebihan untuk tertawa tersebut. Tertawa dapat menggairahkan jantung dan menginduksi darah untuk beredar ke seluruh tubuh. Hal ini setara dengan latihan aerobik setiap harinya.

Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan yang ke-tiga adalah sebagai anri-depresan dan obat relaksan dan dapat membantu orang-orang untuk menangani masalah penyakit yang berhubungan dengan pikiran.  Tertawa dapat menurunkan hormon yang berhubungan dengan stres. Ilmuan telah memverifikasi bahwa tertawa 10 menit akan menurunkan tekanan sekita 10-20mm.

Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan yang ke-empat adalah untuk menghilangkan rasa sakit. Endorfin  akan membunuh rasa sakit alami yang di buat saat kita tertawa, tertawa juga sebagai terapi praktis bagi penderita penyakit tulang belakang. Endorfin dapat membantu dalam mengurangi  rasa sakit pada orang yang  menderita arthitis dan kram otot. Frekuensi sakit kepala juga akan berkurang setelah anda tertawa.

Manusia menangis karena alasan yang berbeda dan berdasarkan emosi yang berbeda, bisa karena rasa sakit, sedih, kehilangan, frustrasi, atau ketakutan. Di sisi lain, air mata juga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan seseorang. Untuk Kesehatan yang ke-lima adalah untuk meningkatkan stamina, membuat kiManusia menangis karena alasan yang berbeda dan berdasarkan emosi yang berbeda, bisa karena rasa sakit, sedih, kehilangan, frustrasi, atau ketakutan. Di sisi lain, air mata juga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan seseorang.nerja paru-paru menjadi maksimal dan menjaga organ tubuh.
Manfaat .Untuk Kesehatan yang terakhir adalah yang sangat penting, yaitu akan membuat awet muda. karena orahraga yang bagus untuk otot-otot pada wajah. Wajah anda akan bersinar ketika anda tertawa.

Namun Tertawa juga ada mudarat-nya , Mungkin diantara kalian ada yang tidak tahu . Ok lha saya bakalan memperjelas disini ,

BAHAYA SERING TERTAWA
Tertawa dapat mengeluarkan seseorang dari iman dan Islam. Tertawa yang tidak terkendali bisa berdampak buruk bagi diri dan orang lain. Sering kita jumpai awalnya orang senda gurau lalu berakhir dengan kebencian dan pertengkaran.
Imam Ibnu Hibban rahimahullah berkata : “Banyak dalil yang menjelaskan larangan tertawa yang berlebih­lebihan,
 
Bahkan orang yang sering tertawa akan me­nerima dampak yang buruk. Di antara dampak itu adalah :
1. Mendapat hukuman dari Alloh Ta’ala
“Maka hendaklah mereka sedikit tertawa dan ba­nyak menangis, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan.”
2. Hati sulit mengingat Alloh Ta’ala
Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguh­nya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.”
3. Tertawa membatalkan sholat.
Jabir bin Abdulloh radhiyallahu ‘anhu berkata : “Apabila se­seorang tertawa di dalam sholat maka ia ha­rus mengulangi sholatnya dan tidak mengulangi wudhunya.”
4. Terkadang tertawa merupakan bentuk ejekan kepada orang, lantas bagaimana jika yang diejek adalah ahli ibadah?
Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, berkata : “Ketika Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sholat di dekat Ka’bah ada Abu jahl beserta kawan- kawannya sedang duduk-duduk di situ. Sehari sebelumnya ada unta korban disembelih. Abu jahl berkata: ‘Siapakah di antara kalian yang mau mengambil kotoran unta di Banifulan lalu meletakkannya di atas kedua pundak Muhammad sewaktu ia sujud? Bangkitlah seorang yang paling jahat di antara mereka dan segera mengambil kotoran itu. Di saat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sujud, ia letakkan kotoran itu di atas kedua pundak beliau. Lalu mereka pun tertawa terpingkal-pingkal sambil saling melirik, sedangkan aku berdiri menyaksikan kejadian itu. Seandainya aku mempunyai kekuatan, niscaya akan aku buang kotoran itu dari punggung Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap saja bersujud, tidak mengangkat kepalanya hingga seseorang mengabarkan kepada Fathimah. Kemudian Fatimah yang saat itu masih gadis kecil datang membuang kotoran dari tubuh ayah-nya. “ 
5. Orang yang suka mengundang tawa biasanya berbohong untuk membuat orang lain tertawa.
Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda :
“Celakalah orang yang berbicara padahal ia berbohong, hanya sekadar untuk membuat orang-orang lain tertawa. Celakalah dia, dan celakalah dia.”
Hadits ini merupakan peringatan bagi para pelawak dan da’i yang ceramahnya mengundang tawa hadirin.
6. Menertawakan Alloh Ta’ala, ayat-ayat-Nya dan Rosul-Nya akan menyebabkan jatuh kepada perbuatan kufur.
Bacalah surat at-Taubah ayat 65-66, dan bacalah firman-Nya :
“Maka tatkala dia datang kepada mereka dengan membawa mukjizat-mukjizat Kami dengan serta merta mereka menertawakannya.” (QS. az-Zukhruf [43]: 47)
7. Menertawakan orang-orang yang mengamalkan Sunnah.
Mereka dihukum Alloh  Ta’ala dengan dilupakan dari mengingat Alloh Ta’ala.
“Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu mener­tawakan mereka.” (QS. al-Mu’minun [231: :110)
8. Orang yang suka menertawakan urusan agama adalah pendusta wahyu dan utusan Alloh Ta’ala.
Baca surat az-Zukhruf [43]: 47, surat an-Ni­sa’[4]:140, al-An’am [6]: 5 dan 10, at-Taubah [9]: 64 dan 65, ar-Ro’du [13]: 32, al-Hijr [15]: 11, al-Kahfi [18]: 56 dan 106, al-Anbiya’ [21]: 36 dan 41, al-­Furqon [25]:41, ar-Rum [30]: 10, dan surat lainnya.

KAPAN KITA BOLEH TERTAWA?
 
1. Saat hati gembira atau ada sebab lain yang dibenarkan syar’i.
Tertawa yang diperbolehkan adalah tertawa yang tidak mengeraskan suara seperti kebiasaan orang jahiliyah, akan tetapi cukup senyum dan boleh menampakkan gigi seri
“Sesungguhnya aku dilarang meratap. Dilarang dua su­ara yang jahat: mengeraskan suara ketika tertawa pada saat mendapatkan nikmat, bermain-main, senda gurau dan terompet setan, dan dari suara jeritan menangis pada saat kena musibah, menggaruk wajah, menyobek saku dan teriakan setan.” 
2. Saat memberi sesuatu kepada orang lain
Anas bin Malik berkata radhiyallahu ‘anhu: “Aku pernah berjalan bersama Rosululloh              beliau mengenakan selendang dari Najran yang pinggirnya kasar. Tiba-tiba seorang badui berpapasan dengan beliau, lalu menarik selendang beliau dengan kuat. Ketika aku memandang ke leher Rosululloh, ternyata pinggiran selendang telah membekas di lehernya karena kuatnya tarikan. Orang itu kemudian berkata : “Hai Muhammad, berikan aku sebagian dari harta Alloh Ta’ala yang ada padamu. Rosululloh, berpaling kepadanya, lalu tertawa dan memberikan suatu pemberian kepadanya.” 
3. Saat bergembira ketika mendapatkan nikmat terutama nikmat iman dan Islam
Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata : “Ketika Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama kami, tiba-tiba beliau terlena sesaat, kemudian beliau mengangkat kepala sambil tersenyum. Kami bertanya : ‘Wahai Rosululloh, apa yang membuat Anda tertawa?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : ‘Baru saja satu surat diturunkan kepadaku, yaitu surat al-Kautsar.” (Shohih Muslim 607)
4. Senyum bila menjumpai saudara yang beriman.
Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata : “Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Jangan meremehkan kebaikan, walaupun hanya sedikit semisal berwajah ceria (senyum) ketika bertemu dengan teman.” 
Senyum seperti ini sungguh sangat baik, karena menunjukkan lapang dada. Tetapi harus benar dalam penempatannya. Di antara senyuman yang dianjurkan adalah senyumnya istri kepada suami, orang tua kepada anaknya atau sebaliknya, tuan rumah kepada tamunya, dan kepada manusia secara umum walaupun kepada orang yang hati kita kurang senang kepadanya.

DO’A MENGHILANGKAN DOSA TERTAWA
Terkadang manusia lalai atau lupa sehingga salah dalam berbicara bahkan kadang tanpa disadari telah menyakitkan hati orang lain. Sebaiknya orang yang suka tertawa atau bergurau segera istighfar dan banyak berdo’a.
Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu berkata : “Saya mendengar Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a : “Ya Alloh, ampunilah dosaku, kebodohanku, kebo­rosanku dalam urusanku, dan apa-apa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada diriku. Ya Alloh am­punilah diriku, kesalahanku, kesengajaanku, kebodohanku, senda gurauku dan semuanya yang ada padaku. Ya Alloh, ampunilah diriku dari dosa yang aku lakukan, apa yang aku sembunyikan, apa yang aku tampakkan. Engkau yang memajukan, Engkau yang mengundurkan, dan Engkau berkuasa atas segala sesuatu.” 
Kesimpulam
Akhirnya tulisan saya tentang tertawa selesai sudah . Semoga tulisan ini menjadi sumber referensi dan bermanfaat bagi anda . Amin . Wassalam
Sumber: Majalah Al-Furqon, edisi: 12 thn ke 9 Rojab 1431.H, Juni/Juli 2010.M
Jangan lupa tinggalkan komentar, follow blog, follow twitter @gustitrisno  dan G+ (+Gusti Trisno), ya? Apabila informasi ini bermanfaat bagi kamu.  Bisa juga follow  FP Blog Gusti Trisno biar dapat update info setiap hari. J

Tertawa dan Adabnya Tertawa dan Adabnya Reviewed by gusti trisno on 19:02:00 Rating: 5
Powered by Blogger.