Belajar Membuat Wingko Babat, Belajar Mencintai Resep Khas Nusantara


Pada pembahasan sebelumnya, kalian sudah mengetahui cara membuat tape ketan hitam dan wedang jahe. Nah, sekarang kalian akan diajak mengetahui cara membuat wingko babat.

Pasti sebagian besar di antara kalian mengetahui wingko babat ya. Sebab makanan khas daerah ini namanya cukup populer di masyarakat. Salah satu penyebabnya karena rasanya yang menggugah selera. Selain itu, wingko babat   dapat menjadi pilihan tepat untuk membuat kue berbahan dasar kelapa.

Sebelum diajak mengetahui resep jitu membuat kue ini, kalian harus mengetahui dulu bagaimana perkembangan kue berbahan dasar kelapa ini. Konon pada zaman dahulu, wingko itu sering dijual dibanyak tempat mulai dari stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Selain itu, di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.

Soal bentuk, biasanya wingko berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko juga dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Kalau soal harga, ternyata kue ini memiliki harga yang bervariasi. Hal tersebut bergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Berbicara wingko, pasti di antara kalian mengingat Semarang. Anggapan tersebut tidak salah, sebab memang katanya wingko yang paling terkenal dibuat dari Semarang. Walaupun begitu, wingko itu cikal bakalnya dari Babat lho.

Wah, Babat? Kota mana itu ya? Babat ini merupakan nama suatu wilayah di Lamongan, Jawa Timur. Tak hanya itu, di tempat tersebut banyak perusahaan wingko lho. Bahkan, kelapa yang digunakan untuk bahan wingko juga dari daerah sekitar tempat itu.

Nah, kalian sudah mengenal sejarah wingko. Berbicara wingko ternyata rasanya beragam lho. Mulai manis sedikit asin dan manis gurih. Seperti yang pernah dibuat oleh kelompok kelas XII IPA 3. Lebih lengkapnya tertera pada tabel berikut:

Jenis Wingko
Rasa
Kemasan
Harga
Kel 1. Kecil
Manis sedikit asin
Dengan mika
Rp. 1.500
Kel 2. Sedang
Manis-gurih
Dengan mika
Rp. 1.500
Kel 3. Besar
Manis-gurih
Dengan plastik
Rp. 1.500
Kel 4. Sedang tipis
Manis sedikit asin
Dengan Plastik
Rp. 1.500

Untuk membuat wingko babat kalian perlu bahan-bahan berikut:
(1)  Tepung Ketan, 250 gram
(2)  Kelapa sedang, 2 butir, parut memanjang
(3)  Gula pasir, 175 gram
(4)  Garam, secukupnya
(5)  Vanili bubuk
(6)  Air hangat, 100 ml
(7)  Margarin secukupnya, untuk olesan

Cara membuat Wingko
Adapun caranya cukup mudah lho!
(1)  Campur kelapa, gula, garam, vanili, dan air hangat hingga rata.
(2) Uleni hingga gula larut.
(3) Tambahkan tepung ketan sambil terus diaduk hingga rata.
(4) Panaskan cetakan kue lumpur atau pan adar anti lengket. Olesi cetakan dengan margarin.
(5) Tuang adonan wingko secukupnya, masak di atas api kecil hingga matang dan kecokelatan sambil sesekali dibalik, angkat. Sajikan.

Walaupun begitu, ternyata ada tips loh agar kalian memasak dengan api kecil sehingga wingko tidak terlalu gosong, selain itu kalian perlu menggunakan margarine pada tempat percetakan wingko agar tidak lengkep.


O, ya, jika dirasa artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan ke teman-teman kesayangan kalian. Dan artikel ini didukung oleh dua sumber yang bagus. Yakni: Wikipedia dan Umiabie.
Belajar Membuat Wingko Babat, Belajar Mencintai Resep Khas Nusantara  Belajar Membuat Wingko Babat, Belajar Mencintai Resep Khas Nusantara  Reviewed by gusti trisno on 20:07:00 Rating: 5
Powered by Blogger.