Cara Gampang Membuat Wedang Jahe

--pariwara--

Indonesia terkenal dengan banyak sekali budaya khas, termasuk minuman tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun menjadi sajian yang sangat unik. Wedang Jahe termasuk salah satu di antaranya.

Menurut Wikipedia Wedang jahe (bahasa Indonesia: "Teh jahe") adalah hidangan minuman teh jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya dihidangkan panas. "Wedang" sendiri adalah bahasa Jawa yang berarti "minuman panas", namun dalam hal ini berarti "teh". Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat darigula jahe dan kelapa / gula batu. Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum diresep tradisional mereka.

Sumber: manfat.id


Tentu Wedang jahe sendiri memiliki komposisi utama jahe itu sendiri. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale itu merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernamazingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan).

Sekalipun wedang jahe berasal dari indonesia, tetapi diperkirankan tanaman itu berasal dari India. Ada pula yang percaya jika tanaman itu berasal dari Jahe diperkirakan berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Tetapi terdapat pula anggapan jika jahe dibawa dari India hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah sebagai rempah perdagangan. Barulah pada zaman kolonialisme, jahe menjadi komoditas yang populer di Eropa dengan memberikan rasa hangat dan pedas pada makanannya.

Walaupun begitu jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis. penanamannya hanya bisa dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

Sebagai tambahan informasi, jahe sangat berkhasiat bagi kesehatan dan stamina tubuh manusia. Biasanya minuman atau wedang Jahe ini diminum dikala suasana dingin dan sejuk, misalnya saat musim hujan (udaranya dingin). Hal itu bertujuan untuk menghangatkan badan. Manfaat lain minuman jahe ini sangat ampuh untuk mengempeskan perut buncit jika wedang jahe ini diminum sebelum makan, karena jahe efektif untuk melancarkan pencernaan.

Tak hanya itu wedang jahe juga memiliki manfaat lain, seperti:
          1.     Bisa membantu mengurangi lemak berbahaya di bagian perut.
  • 2.     Sebagai stimulan, yang memiliki efek mirip kafein
    Caranya cukup mengonsumsi 4 gram atau sekitar 2 sendok teh jahe per hari dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. Peningkatan tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat membakar kalori dan meratakan perut.
    3.  Jahe juga hanya sedikit mengandung kalori, yaitu sekitar 1 kalori per gram, sehingga tidak akan berkontribusi untuk menaikkan berat badan.
    4.     Sebagai obat jerawat
    Jerawat merupakan suatu kondisi peradangan. Sangat penting membuat perubahan pola makan untuk mengendalikan peradangan pada kulit tersebut.
    5.     Sebagai obat anti-inflamasi (anti peradangan)
    Hal ini dikarenakan sebagai rimpang atau batang bawah tanah ini mengandung beberapa bahan kimia yang melawan peradangan seperti gingerol, shogaol dan enzim zingibain. 

Beruntung saya dan teman-teman di kelas XII IPA 3 mencoba membuat minuman itu. Sebelumnya kami dibagi menjadi empat kelompok di mana dua kelompok membuat jahe original dan dua lainnya membuat jahe susu. Adapun pembagiannya sebagai berikut:   

JENIS JAHE
RASA
KEMASAN
HARGA
KEL.1:JAHE ORIGINAL
PEDAS MANIS
K.L 60 GR
Rp. 2.500
KEL.2:JAHE ORIGINAL
PEDAS MANIS
K.L 60 GR
Rp. 2.500
KEL.3:JAHE SUSU
MANIS SUSU
K.L 60 GR
Rp. 5000
KEL.4:JAHE SUSU
MANIS SUSU
K.L 60 GR
Rp. 5000

Sebelum membuat Wedang Jahe, terlebih dahulu kami mempersiapkan alat dan barang. Seperti sebagai berikut:

Alat
 -         Pisau
 -         Panci
 -         Kompor
 -         Cangkir
 -         Sendok
Bahan
  •            Air 1 liter
  •            Jahe merah 50 g
  •            Gula pasir 4 sdm
  •            Cengkih 5 butir
  •            kayu manis


Barulah, kami langsung bergerak cepat dengan membuat minuman berenergi itu. Berikut cara gampangnya:
  1.      Iris jahe kecil-kecil,lalu di blender hingga halus kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  2.      Saringan air jahe tadi kemudian masukkan wajan sambil memasukkan gula sedikit demi sedikit, masukkan cengkeh dan kayu manis.
  3.       Angkat wajan sambil tetap diaduk hingga mengeras menjadi bubuk.
  4.        Kemudian dikemas dalam kemasan



Tak cukup dengan hanya membuat wedang jahe, kami juga langsung memasarkannya pada warga sekolah. Apalagi khasiat minuman ini tak perlu diragukan lagi. Makanya wedang jahe kami langsung ludes.
Cara Gampang Membuat Wedang Jahe Cara Gampang Membuat Wedang Jahe Reviewed by gusti trisno on 20:06:00 Rating: 5
Powered by Blogger.