Ngobrol Cantik Bersama Blogger Perempuan di Green Hill Rembangan

--pariwara--

 
Sumber: dokpri
Kemarin (Minggu, 27/8) Blogger Jember Sueger mengadakan acara yang ciamik bernama Blog Coaching Clinic. Acara yang mendatangkan Blogger Perempuan sebagai pemateri itu dilaksanakan di Green Hill Rembangan.
            Adapun pematerinya terdapat dua orang yakni Shintaries dan Almazia. Kedua punggawa Blogger Perempuan tersebut membahas dua hal yang berbeda. Shintaries (Founder Blogger Perempuan) memaparkan mengenai design, seo, analiytics, dan content. Sementara, Almazia lebih berfokus pada monotize.
            Sebelum, acara dimulai. Terdapat pemutaran video mengenai kegiatan BP. Di mana ternyata Blogger Perempuan itu telah memiliki sekitar 3.000 member, yang tersebar di berbagai daerah dan luar negeri. Cikal bakal terciptanya Blogger Perempuan ini dimulai saat Ngobrol Cantik yang dilaksanakan pertama kali di sebuah cafe  di Jakarta. Setelah itu, berkembanglah member Blogger Perempuan. Sementara itu, acara yang biasa diselenggarakan oleh Shientaries dan kawan-kawan itu berfokus pada blog poster, blogger directory, Facebook Groups, Workshop, dan Partnership.
Shintaries pun segera memulai pemberian materi setelah disilakan oleh Alaika Abdullah selaku moderator dalam acara tersebut. perempuan yang tampil dengan kerudung itu langsung mengisahkan jika awalnya menulis blog sebagai blogger desaign yang berfokus kepada toturial desain. Ia juga mengatakan jika era 2005-2006 kebanyakan orang menulis untuk diri sendiri, semisal media curhat. Semakin ke sini, menulis berubah untuk orang lain, bahkan juga untuk Google. Maksudnya menulis digunakan sebagai media menghasilkan uang melalui Google Adsanse.
Shintaries juga memberikan saran bagi para blogger untuk mengenali pembacanya dan membuat pembaca aman. Caranya dengan memerhatikan desain yang ada dalam blog. Semisal pemiliihan huruf, warna, background, dan lain-lain. dalam kesempatan itu pula, perempuan yang terbang ke jember dengan transit terlebih dahulu di Surabaya itu memberikan tips agar tulisan dikenal pembaca dengan Google Frendly. Menurut perempuan itu, hukumnya wajib baget untuk memasang statistik agar bisa tahu jumlah pembaca dan berasal dari mana saja.  sehingga tidak perlu baper jika tidak mendapatkan komentar.
Ia juga menambahkan untuk menulis di suatu blog ada empat hal yang harus diperhatikan, meliputi: kronologis,  tematik, didaktif, dan solusi. Kronologis artinya sesuai dengan urutan, dimulai dari pembuka hingga penutup. Kemudian, tematik artinya satu topik dalam satu blog, semisal blognya membahas tentang review makanan saja. Selanjutnya, didaktif artinya tulisan kita memberikan suatu ilmu pengetahuan. Dan terakhir, solusi atas permasalahan artinya tulisan kita memberikan solusi dalam suatu masalah. Sebagai contoh: tips menjaga berat badan di saat Ramadan.
Menurutnya, agar tulisan kita sesuai dengan konten SEO itu harus memuat minimal 1000 kata, lalu memilih tema  yang kekinian (isu terhangat) dapat pula berupa pengalaman. Jangan lupa pula menyertakan internal link dan eksternal link.
Tak lupa perempuan itu juga menyatakan jika kehadiran suatu blog dapat membuat branding person. Branding person yang dimaksud bukanlah pencitraan, tapi melalui blog pembaca mengetahui diri kita yang apa adanya. pun, dalam membuat branding ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan domain, user name yang mudah dikenali di media sosial, template yang khas (warna, desain, font), dan memiliki ciri khas.
Setelah Shintaries menyelesaikan pemaparan materi, peserta pun berebut bertanya. Pertanyaan pun kebanyakan seputar desain blog, bahkan ada yang bertanya berapa harga desain blog yang dibuat Shintaries. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dilahap habis oleh Shintaeries dengan santai, teruntuk harga desain blog perempuan berjilbab itu meminta maaf sudah tidak melayani desain blog. Ia menyarankan agar para blogger mencari desain blog sendiri baik yang gratis, maupun yang berbayar.
Materi pun dilanjutkan oleh Almazia lebih berfokus pada monotize. Perempuan yang juga berjilab itu menceritakan artikelnya tentang cara mendapatkan  monotize yang hingga kini mendapatkan trafik tinggi. Pun, ia menyatakan apakah blog kita siap mendapatkan monotize. Sungguh, pertanyaan atau pernyataan itu membuat pukulan telak bagiku. Apalagi blog masih seperti sarang laba-laba. walaupun begitu, kehadiran pemateri tersebut membuat semangat baru untuk terus menekuni dunia blog.

Acara pun ditutup dengan pengumuman pemenang dan foto-foto. Selain mendapatkan ilmu baru, lewat acara ini pula menambah relasi pertemanan. Bahkan, saya bertemu dengan Vindy Putri seorang novelis yang juga blogger dan Youtubers. Tak hanya itu, acara yang digagas oleh Blogger Jember Sueeger ini juga membuat saya ingin ikut serta dalam kopi darat selanjutnya. 
Bersama Vindy Putri

Moh. Imron (Pegiat Literasi Situbondo) bersama Faisal (Blogger yang masih berstatus siswa) 

Ngobrol Cantik Bersama Blogger Perempuan di Green Hill Rembangan Ngobrol Cantik Bersama Blogger Perempuan di Green Hill Rembangan Reviewed by Gusti Trisno on 09:41:00 Rating: 5
Powered by Blogger.